Tuesday, January 9, 2018

021 2246 2013 - Keunikan Rayap



   Laron adalah hewan yang termasuk ke dalam salah satu jenis serangga yang keluar pada awal musim hujan. Hewan ini juga punya nama lain yang biasa disebut dengan anai-anai atau rayap.

Ciri ciri rayap yaitu menyerupai semut dengan tubuh yang lebih lunak dan pinggang jauh lebih besar dibandingkan dengan semut.

Biasanya hewan ini akan bermunculan pada senja dan malam hari di musim penghujan. Kebiasaannya adalah berkumpul di lampu di dalam rumah dan tempat-tempat yang terang. Hal ini dilakukan laron untuk mencari kehangatan.

Ada fakta seputar rayap yang perlu kalian ketahui, simak selengkapnya :

1. Ketika masih muda, hewan ini belum memiliki sayap dan disebut dengan rayap. Ketika saat dewasa sayap akan tumbuh dan rayap akan menjadi laron yang muncul di awal musim hujan.

2. Rayap adalah salah satu hewan yang tidak dapat melihat dan mendengar, namun mampu membangun sarang dengan konstruksi yang rumit.

3. Rayap akan membuat sarang koloni di bawah tanah. Ketika musim hujan tiba kondisi tanah akan menjadi lembab, sehingga rayap dewasa atau laron akan keluar dari sarang dan terbang mengerubuti lampu untuk menghangatkan diri.

4. Laron hanya akan hidup dalam satu malam. Jika dia tidak menemukan pasangannya malam itu, maka dia akan mati saat fajar tiba. Sedangkan, laron menemukan pasangan maka dia akan mencari sarang baru dan membentuk koloni baru.

5. Saat beterbangan itulah saat saat laron mencari pasangannya. Ketika sudah mendapatkan pasangan, mereka akan melepaskan sayap dan berjalan beriringan mencari lubang di bawah tanah untuk kawin dan bertelur.

6. Setelah telur-telur itu menetas dan memiliki banyak anak, maka akan terbentuk koloni baru. Sepasang laron dewasa tersebut akan menjadi raja dan ratu dari koloni yang baru terbentuk. Tugas ratu hanyalah bertelur sepanjang hidupnya.

7. Hewan ini merupakan makhluk sosial, artinya tidak hidup sendiri. Mereka hidup dalam sebuah koloni dan membentuk kelompok tugas, seperti halnya semut. Koloni tersebut memiliki sistem kasta yang membedakan tugas.

8. Ratu dalam sebuah koloni bertugas untuk bertelur, sedangkan yang mempunyai kepala besar menjadi prajurit dengan tugas menjaga sarang dan sang ratu. Yang mempunyai kepala lebih kecil menjadi pekerja dan bertanggungjawab mengumpulkan makanan di dalam sarang.

9. Dalam waktu sehari ratu rayap bisa bertelur hingga 30 ribu butir.

10. Tugas lain dari rayap pekerja adalah melayani kebutuhan sang ratu, seperti menyuapinya, membersihkan telur-telurnya, dan memelihara larvanya.

11. Makanan laron pada waktu menjadi rayap adalah kayu-kayu kering.

14. Laron bisa diolah menjadi makanan ringan Biasanya dibuat menjadi peyek.


Hubungi 0812 9835 0888 -  Jasa Pest Control


Cara basmi rayap Jasa Pest Control di Kebayoran Baru,Kebayoran Lama,Pesanggrahan,Cilandak,Pasar Minggu,Selong,Grogol Utara,Ulujami,Cipete Selatan,Pejaten Barat,Gunung,Grogol Selatan,Petukangan Utara,Gandaria Selatan,Pejaten Timur,Kramat Pela,Cipulir,Petukangan Selatan,Cilandak Barat,Pasar Minggu,Gandaria Utara,Kebayoran Lama Utara,Pesanggrahan,Lebak Bulus,Kebagusan,Cipete Utara,Kebayoran Lama Selatan,Bintaro,Pondok Labu,Jati Padang
Pulo,Pondok Pinang,Ragunan,Melawai,Pondok Indah,Cilandak Timur,Petogogan,Rawa Barat,Senayan,Jagakarsa,Mampang Prapatan,Pancoran,Tebet,Setiabudi,Tanjung Barat,Kuningan Barat,Kalibata,Tebet Barat,Setiabudi,Lenteng Agung,Pela Mampang,Rawa Jati,Tebet Timur,Karet,Jagakarsa,Bangka,Duren Tiga,Kebon Baru,Karet Semanggi,Ciganjur,Tegal,Parang,Cikoko,Bukit Duri,Karet,Kuningan,Srengseng Sawah,Mampang Prapatan,Pengadegan,Manggarai,Kuningan Timur,Cipedak,Pancoran,Manggarai Selatan,Menteng Atas,Menteng Dalam,Pasar Manggis,Guntur


sumber : https://mahasiswa.me/2016/12/20/keunikan-hewan-laron-rayap-yang-mempunyai-sayap/

No comments:

Post a Comment