Monday, January 8, 2018

021 2246 2013 - Cara Membasmi Rayap Di Rumah


       Rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga "semut putih" (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Rayap bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial.

Jika tidak segera diatasi maka akan banyak perabotan yang di rumah Anda yang mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, keselamatan keluarga Anda juga bisa terancam jika tiang kayu penopang rumah keropos dan sampai roboh dimakan rayap.
Menemukan kayu yang keropos dapat Anda lakukan dengan mengetuk-ngetuk kayu untuk mengetahui apakah ada rongga di dalamnya.

Jika anda menemukan tanda berikut pada rumah anda, maka sudah pasti rumah anda terkena hama rayap :

  • Muncul Serbuk Kayu



  • Muncul Rayap Disekitar Perabotan Kayu




  • Kayu Keropos





Setelah mempelajari tanda-tanda munculnya rayap di sekitar anda. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara Tradisional membasmi rayap yang tentunya dapat Anda terapkan sendiri dirumah anda masing-masing.

1.  Air Cucian Beras 

Air cucian beras yang sering dipandang sebelah mata ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. Ya, air tersebut ternyata mampu mengusir rayap dari sarangnya. Caranya juga cukup mudah karena Anda hanya tinggal menyiramkan air cucian beras tersebut ke sekeliling tempat tinggal rayap saja. Air kapur sirih Air kapur sirih memang terkenal sebagai pembasmi serangga, salah satunya adalah rayap. Rayap sangat tidak menyukai kapur sirih karena memiliki sifat yang panas bagi tubuh mereka. Maka dari itu, siramkanlah air kapur sirih ini ke tempat di mana rayap berada. Air ini juga dapat dimasukan ke wadah semprotan sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam mengusirnya.

2.  Air tembakau

Usut punya usut, bahan baku pembuatan rokok ini juga ternyata dapat mengusir kawanan rayap pemakan kayu. Caranya, pertama-tama Anda harus merendam tembakau di dalam air selama satu malam. Perendaman ini bertujuan untuk mengeluarkan sari yang ada di dalam tembakau tersebut. Setelah siap, silahkan siram atau semprotkan air tersebut ke sarang rayap.

3.  Garam

Cara membasmi rayap lainnya yang cukup mudah adalah dengan menggunakan garam dapur. Cukup taburkan garam di sekitar sarang rayap, maka serangga kecil itupun akan langsung menghindar. Agar lebih efektif, Anda juga bisa mencampurkannya dengan air tembakau dan kemudian semprot ke rongga-rongga yang menjadi tempat persembunyiannya.

4.  Minyak tanah

Hampir semua serangga takut pada minyak tanah, tak terkecuali rayap kayu ini. Untuk membasminya Anda hanya perlu menyiram atau menyemprot kawasan yang menjadi sarang rayap tersebut. Tidak perlu menunggu lama, rayap tersebut akan langsung berhamburan keluar.

5.  Jemur kayu

Karena rayap paling suka di tempat yang lembab, maka menempatkannya di tempat yang panas akan menjadi siksaan baginya. Maka dari itu jika ada perabotan rumah Anda yang dihuni oleh rayap, jemurlah perabotan tersebut di bawah sinar matahari. Lakukanlah penjemuran ini secara rutin hingga rayap menghilang dari tempat tersebut.




Jika setelah melakukan cara-cara diatas rayap masih terus bermunculan, ada baiknya memanggil Jasa Pembasmi Rayap atau Hama (Pest Control) . Jasa pest control yang ditawarkan juga dapat menangani hama selain rayap sehingga properti milik anda akan tetap terlindungi.


Cara basmi rayap Jasa Pest Control di Kebayoran Baru,Kebayoran Lama,Pesanggrahan,Cilandak,Pasar Minggu,Selong,Grogol Utara,Ulujami,Cipete Selatan,Pejaten Barat,Gunung,Grogol Selatan,Petukangan Utara,Gandaria Selatan,Pejaten Timur,Kramat Pela,Cipulir,Petukangan Selatan,Cilandak Barat,Pasar Minggu,Gandaria Utara,Kebayoran Lama Utara,Pesanggrahan,Lebak Bulus,Kebagusan,Cipete Utara,Kebayoran Lama Selatan,Bintaro,Pondok Labu,Jati Padang
Pulo,Pondok Pinang,Ragunan,Melawai,Pondok Indah,Cilandak Timur,Petogogan,Rawa Barat,Senayan,Jagakarsa,Mampang Prapatan,Pancoran,Tebet,Setiabudi,Tanjung Barat,Kuningan Barat,Kalibata,Tebet Barat,Setiabudi,Lenteng Agung,Pela Mampang,Rawa Jati,Tebet Timur,Karet,Jagakarsa,Bangka,Duren Tiga,Kebon Baru,Karet Semanggi,Ciganjur,Tegal,Parang,Cikoko,Bukit Duri,Karet,Kuningan,Srengseng Sawah,Mampang Prapatan,Pengadegan,Manggarai,Kuningan Timur,Cipedak,Pancoran,Manggarai Selatan,Menteng Atas,Menteng Dalam,Pasar Manggis,Guntur
sumber : https://bacaterus.com/cara-membasmi-rayap-di-rumah/

No comments:

Post a Comment